Sejarah Desa

Administrator 30 April 2014 17:20:39 WIB

GIRISUKO PUNYA CERITA

 

Girisuko, berasal dari kata Giri = Gunung dan Suko = Kebahagiaan, kesenangan, kemakmuran. Jika diartikan keseluruhan maka Girisuko berarti Gunung Kebahagiaan yang dapat pula diterjemahkan sebagai daerah atau wilayah yang berbukit-bukit dimana penduduknya selalu dilimpahi dengan kebahagiaan, kemuliaan, kesejahteraaan. Sesuai dengan cerita yang didapatkan dari para Narasumber, awal mula Desa Girisuko bernama Kalurahan Temuireng yang berada dibawah kepemimpinan para Bekel. Diantaranya adalah Bekel Onggo Drono, Bekel Kromo Menggolo daan Bekel Pawiro Sukarto.

Sesuai catatan sejarah yang berhasil dihimpun, sekitar tahun 1944 Kalurahan Temuireng berubah menjadi Kalurahan Girisuko. Saat itu Lurah Desa dijabat oleh Bapak Pawiro Sukarto. Beberapa  Lurah yang menjabat setelah Itu diantaranya adalah Harjo Disastro. Kalurahan Girisuko  pada waktu itu terdiri dari 8 (delapan) Padukuhan, yaitu Padukuhan Sumber, Padukuhan Turunan, Padukuhan Temuireng I, Padukuhan Temuireng II, Padukuhan Sanglor I, Padukuhan Sanglor II dan Padukuhan Pacar hingga Lurah Desa di jabat oleh Lurah Sosro Werdoyo pada tahun 1962-1965. Tahun 1965-1969 di jabat oleh Lurah Minto Diharjo. Pada Tahun 1978, yang mana Lurah desa dijabat oleh Drs. Kalam, Padukuhan Pacar mengalami pemekaran yang kemudian menjadi Padukuhan Pacar I dan Pacar II sehingga total jumlah Padukuhan di Kalurahan Girisuko sampai dengan saat ini ada 9 (Sembilan) Padukuhan. Seiring dengan perubahan peraturan perundang-undangan, nama Kalurahan berubah menjadi Desa.

Pada hari Sabtu, 26 Desember 2015 dilakukan Musyawarah Desa penetapan Hari Jadi Desa Girisuko. Hal ini dimaksudkan untuk menggali sejarah hari jadi Desa Girisuko.

Bertindak sebagai Pemimpin Musdes adalah Ketua BPD Girisuko, Suhadi. Adapun peserta yang hadir terdiri dari Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidik, Perwakilan Kelompok Tani, Lembaga Desa, Perangkat Desa, dan Tokoh Perempuan.

Dan akhirnya didapatkan hasil bahwa Pemerintahan Girisuko muncul pada

Tanggal Masehi

: 15 Agustus 1944, Selasa Anggara

Tanggal Jawa

: 25 Ruwah 1875, Selasa Wage

Tanggal Hijriah

: 25 Syaban 1363


Dina, Pasaran

: Selasa, Wage

Windu, Lambang

: Kuntara, Langkir

Warsa

: Alip

Wuku

: Sinta

Môngsô

: Karo-Pusa (02/08 s/d 24/08)

Sadwårå/Paringkêlan

: Wurukung

Haståwårå/Padewan

: Rudra

Sångåwårå/Padangon

: Dadi

Saptåwårå/Pancasuda

: Wasesa Segara

Rakam

: Mantri Sinaroja

Paarasan

: Lakuning Bumi

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Open Data for Gender

Open Data APBD

Lokasi Girisuko

tampilkan dalam peta lebih besar