GIRISUKO IKUTI LAUNCHING INTEGRASI LAYANAN ADUAN LEMBAGA OMBUDSMAN DIY DENGAN LAPOR

tri yuni 02 Oktober 2017 20:40:34 WIB

Girisuko (sida) sebagai desa akuntabilitas publik Desa Girisuko diundang untuk menghadiri peluncuran integrasi layanan aduan lembaga ombudsman DIY dengan kanal lapor. Acara berlangsung pada pukul 08.30 WIB di kantor Ombudsman DIY. Pesertanya dari beberapa instansi yakni OPD, NGO dari 5 Kabupaten di DIY. Lembaga ombudsman yakni lembaga yang khusus menangani pengaduan masyarakat. Seiiring perkembangan zaman dan teknologi Lembaga Ombudsman DIY perlu sebuah kanal pengaduan yang memudahkan masyarakat untuk melaporkan aduan dan konsultasi lewat sebuah aplikasi yang lebih mudah,cepat dan akurat. 

Tahun 2013 lembaga ini telah bekerjasama dengan IDEA membuat kanal aduan .kemudian di periode 2015 dan 2017 perlu perluasan kanal aduan dengan terintegrasi dengan LAPOR ( Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) dengan nomor 08112741000 atau 1708. Narasumber berasal dari Bapak Jibran dari Kantor Staf Presiden, Ibu Wati dari Ketua Lembaga Ombudsman DIY dan dari Dinas Sosial DIY. 

"Misi daripada kanal LAPOR ini yakni sistem pengaduan layanan aduan publik nasional dengan tata kelola yang baik dan sistematis" ungkap Bapak Jibran dari kantor staf presiden. Bukan hanya sekedar aplikasi tetapi lebih dalam pemanfaatan aplikasi dan pengelolaan serta tindaklanjut dari layanan aduan itu yang terpenting, imbuhnya.

Menurut ibu Wati selaku Ketua Ombudsman DIY mengungkapkan bahwa dalam layanan aduan paling banyak dalam kurun waktu sampai September 2017 adalah dari kota Yogyakarta yakni sejumlah 273 aduan. Ini membuktikan bahwa tingkat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya layanan aduan sangat tinggi.

Optimalisasi peran dari kelembagaan ini sangatlah penting untuk mensosialisasikan layanan aduan ini. Semoga kanal layanan aduan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat utamanya untuk desa sendiri. Karena masyarakat merupakan bagian dari proses-proses pembangunan. Sehingga perlu mengenali kebutuhan masyarakat dalam proses pembanguan yang ada.

 

 

Komentar atas GIRISUKO IKUTI LAUNCHING INTEGRASI LAYANAN ADUAN LEMBAGA OMBUDSMAN DIY DENGAN LAPOR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Open Data for Gender

Open Data APBD

Lokasi Girisuko

tampilkan dalam peta lebih besar