PERINGATAN HARI JADI GIRISUKO

Administrator 16 Agustus 2016 13:09:09 WIB

Sistem Informasi Desa,  Girisuko – Dalam rangka memperingati  Hari Jadi Girisuko ke 72 tahun dan menyambut hari Kemerdekaan RI yang ke 71,  Desa Girisuko Kecamatan Panggang Kabupaten Gunung Kidul ,mengadakan Acara Gelar Budaya  yang dilaksanakan pada hari Senin, 15 Agustus 2016 di lapangan Gemuling, Padukuhan Gebang.

Selain ditampilkan beragam seni budaya yang mencapai puluhan seni dari tiap wilayah yang berjumlah 9 padukuhan , di sajikan pula bazar aneka macam produk local baik dari olahan makanan maupun kerajinan.

Masing-masing padukuhan membentuk barisan kirab dengan jumlah peserta rata-rata 200 orang, yang menampilkan Gunungkan hasil bumi dan budaya local masyarakat setempat, baik dari kesehatan, pemerintahan, mata pencaharian dan lainnya. Setiap gunungan mengandung makna tersendiri.  Acara berjalan lancar dan meriah.

Setiap padukuhan menyajikan yang terbaik dari wilayahnya. Termasuk slogan dan yel yel. Diantaraanya adalah “Makarya, Makarti, Muktitama” alalah slogan dari Padukuhan Temuireng I, “Ora Mempeng Ora Gayeng”, merupakan slogan dari Padukuhan Pacar I. kesemuanya mengandung doa dan harapan.

Untuk jenis kesenian yang ditampilkan antara lain Ketoprak Cilik Dari Temuireng II, Jathilan Bocah dari Turunan, Pencak Silat dan Gejog Lesung dari Padukuhan Gebang, Thoklik dari Temuireng I dan Pacar I, hadroh dari Sanglor I dan Sabglor II, jathilan dewasa dari Padukuhan Pacar II. Untuk seni yang ada dalam barisan kirab antara lain seni karawitan, wayang kulit, reog, dan masih banyak lagi.

Produk local di bazar antara lain Sari Jahe, Sari Temulawak, Sari Secang, Keripik Bayam, Keripik Kimpul dari Kelompok Wanita Tani Sido Dadi Padukuhan Temuireng II, Peyek, Crimping Pisang, Tas Vinil dari Padukuhan Temuireng I, Kerajinan Patung dari limbah kayu karya kelompok dari Padukuhan Turunan, aneka olahan singkong dari Padukuhan Gebang, apem dan aneka macam olahan beras dari Padukuhan Sumber, Gula Jawa dari Sanglor II.

Setelah acara kirab budaya selesai, upacar seremonial Hari Jadi Girisuko di laksanakan. Berperan sebagai Pemimpin Upacara adala Bhabinkamtibmas, Brigadir Widarto, dan Inspektur Upacara adalah Endah Herwanti, Kepala Desa Girisuko. Sedangkan pembaca sejarah Girisuko adalah Suhadi, Ketua BPD Desa Girisuko.

Sambutan Camat Panggang yang diwakili oleh Rohmi Rahayu, Sekcam Kecamatan Panggang, menyatakan kagum akan acara yang diselenggarakan Pemerintah Desa Girisuko dan berharap di tahun-tahun selanjutnya acara akan lebih baik lagi.

Pengumuman Pemenang Lomba Kreatifitas kirab Budaya juga diumumkan sekaligus, sebagai Juara I adalah Padukuhan Temuireng I, Juara II Padukuhan Gebang dan Juara II Padukuhan Turunan. Diumumkan pula Juara Turnamen Bola Volly dengan Juara I Padukuhan Temuireng I, Juara II,  Padukuhan Gebang dan Juara III Padukuhan Sumber.

Antusiasme warga sangat luar biasa dengan adanya acara ini. mudah-mudahan kedepannya bisa menjadi ajang bagi Padukuhan yang ada untuk berlomba-lomba menjadi yang terbaik, dalam segala hal. (Ay)

Komentar atas PERINGATAN HARI JADI GIRISUKO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Open Data for Gender

Open Data APBD

Lokasi Girisuko

tampilkan dalam peta lebih besar